Teknologi yamaha XEON

Seperti MX dan V-ixion

Yamaha Xeon mengusung tagline Powerful-Sporty-Stylish. “Untuk menghasilkan tenaga yang full didukung teknologi seperti Jupiter MX 135 LC dan V-ixion,” jelas Technical Service PT.Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Seperti MX dan V-ixion yaitu pada blok silinder. Menggunakan teknologi DiASil Cylinder. “Liner silinder hasil perpaduan aluminium dengan silikon. Tahan gesek dan garansi 5 tahun atau 50.000 km,” jelas bapak yang mulai kurus itu.

Tidak bisa dioversize memang. Tapi, bagi yang senang bore up harap tenang. Itu karena liner silinder bisa disumpal seher 57 mm. Kapasitas mesin bisa mencapai 150 cc. Horee...:D

Piston juga seperti MX atau V-xion. Menggunakan forged piston. Dibuat dengan sistem tempa. Kuat dan punya daya tahan tinggi. Konon piston ini belum bisa diproduksi di dalam negeri.

Juga masih sama dengan MX dan V-xion pada sistem pendinginan. Menggunakan pendinginan air atau radiator.


Selain dilengkapi radiator yang lebar, juga didukung kipas yang gede. Lebih ekstra dalam menggisap udara untuk dialirkan lewat kisi-kisi radiator. “Bikin suhu kerja mesin lebih rendah 20°C,” jelas bapak dedengkot dari bagian servis ini.

Teknologi lainnya di karburator. Pakai Mikuni BS26 terdapat 3 penunjang.
Yaitu dilengkapi cuke otomatis elektrik. Secara otomatis choke bekerja ketika suhu mesin masih dingin. Terutama ketika pertama kali dihidupkan pas pagi hari. Setelah suhu mesin optimal, otomatis choke berhenti. Putaran mesin jadi normal.

Di karburator juga dilengkapi costing aclereration enricher. Suplai bahan bakar tambahan agar spontan berakselerasi. Juga mengurangi terjadinya ledakan pada saat deselerasi.

Lainnnya masih di karbu yaitu penggunaan TPS (Throttle Postion Sensor). Mengatur timing pengapian sesuai bukaan katup karbu dan rpm mesin. Ini yang membuat akselerasi lebih baik dan irit bahan bakar. “Ini cikal bakal injeksi,” jelas Abidin yang berambut lurus itu.

Puli CVT juga dibikin lebih lebar dari Mio. Sehingga v-belt lebih panjang. “Untuk mengantisipasi lonjakan power mesin yang sudah besar,” jelas Abidin yang berbaju batik ketika launching itu.

Dukungan teknologi ini yang membuat Xeon jadi lebih efisien meski kapasitasnya gede. “Konsumsi bensin sama dengan Mio Soul. Satu liter terpakai 37 km. Kondisi lalu lintas padat kota.....

1 komentar: