aneka CVT dan Roller

OEM dan Aftermarket
 

Pada tipe skubek, peran komponen belt CVT memang amat penting. Part ini berfungsi untuk meneruskan daya mesin. Komponen lain yang juga berkaitan dengan sistem kerja belt CVT yakni roller CVT. Kedua komponen ini jika bermasalah akan menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros...

Jika ada bagian roller berbentuk tirus aus atau gepeng akibat bergesekan dengan puli, maka tenaga skubek ngedrop pas digeber. Mesin meraung guna mendapatkan tenaga. Putaran mesin tinggi, bisa menyedot bensin berlebih. Itu disebabkan bagian belt yang aus sudah tidak mampu menapak ke puli dengan sempurna.
Mengetahui layak tidaknya kondis belt, ada dua cara. Pertama ukuran jarak penggunaan...

Berikutnya menggunakan alat ukur, Cara pertama, kilometer pemakaian dan mengukur dengan alat. Daya tahan CVT bisa dipakai sampai 20-30 ribu km. Bisanya, setelah jangka waktu pemakaian, performa kondisi sabuk reduksi ini akan menurun...

Menggunakan alat bernama V-Belt Checker. Sekilas bentuknya mirip huruf F. Untuk mengeceknya juga mudah, yaitu lewat lubang yang ditutup baut di cover CVT. Belt masih bagus apabila tonjolan belum menyentuh sisi dalam V-Belt Checker. Jika sudah menyentuh maka harus segera ganti.

Sedang untuk mengetahui kondisi roller memang agak sulit. “Harus membongkar rumah CVT,”
Diingatkan juga kalau sebaiknya penggantian komponen ini harus bersamaan...

Roller dan belt CVT ibarat rantai dan gir. “Disarankan untuk ganti kedua komponen itu bersamaan. Kalau salah satunya sayang. Mubazir diongkos..

Bagaimana penggantian dengan belt non original equipment manufacture (OEM) alias aftermarket. Sekarang banyak penyedia komponen daleman non pabrikan. Penggunaan OEM jelas tidak bermasalah jika suatu saat konsumen melakukan klaim karena pengerjaan...

aik mengatakan, penggunaan komponen non pabrikan bisa saja digunakan. “Memang lebih aman pakai part asli,” jelasnya.
“Produk asli, anyaman tali v-belt sudah terlihat dari lapisan paling atas. Dan lebih jelas lagi dari samping, merupakan bagian terkeras. Sehingga belt tetap aman meski ditekan puli berulang,” jelasnya.
Sambungan antara karet atas, anyaman tali dan kain pelapis tidak homogen ketika proses peleburan saat dicetak. “Sehingga salah satu bagian terlepas akibat tidak tahan jepitan puli.Akibatnya karet bagian luar yang mestinya lebih kuat pun jadi ikut terjepit dan dapat menyebabkan akselarasi jadi lebih berat.”
Oleh karena itu, kalau mau beli belt lihat dulu ciri fisiknya. Atau kalau mau aman, beli produk asli atau variasi berkualitas...

Sedangkan untuk roller, kualitas yang dimilik oleh merek aftermarket juga tidak kalah jelek. “Ini dibuktikan dengan makin banyaknya pengguna skubek yang ikut balap menggunakan produk variasi. Ini sebuah bukti,” jelas aik punggawa mulia jaya service station...

DAFTAR HARGA:
HGP

Belt VARIO Rp 130.000
Belt BeAT Rp 120.000
Roller Vario Rp 54.000
Roller BeAT Rp 49.000
SGP
Belt Spin Rp 156.000
Belt skywave Rp 156.000
Belt Skydrive Rp 120.000
Roller Spin Rp 26.000
Roller Skywave Rp 26.000
Roller Skydrive Rp 20.000
YGP
Belt Mio Rp 70.000
Belt Nouvo Rp 70.000
Roller Mio Rp 90.000
Roller Nouvo Rp 90.000
KYMCO
Belt Free LX Rp 170.000
Belt Free MX Rp 170.000
Belt Easy Rp 100.000
Belt SR Rp 120.000
Belt Tren Rp 120.000
Roller Free LX Rp 40.000
Roller Free MX Rp 40.000
Roller Tren Rp 45.000
Roller Easy Rp 45.000
RGS
Belt Mio Rp 170.000
Belt Vario Rp 170.000
Belt Spin Rp 170.000
Roller Mio Rp 65.000
Roller Vario Rp 75.000
TDR
Belt Mio Rp 145.000
Belt Vario Rp 155.000
Belt Spin Rp 155.000
Roller Mio Rp 81.000
Roller Vario Rp 81.000
Roller Spin Rp 81.000
CLD
Roller Mio Rp 60.000
Roller Vario Rp 70.000
Roller Spin Rp 70.000
KAWAHARA
Roller Mio Rp 70.000
Roller Vario Rp 75.000
Roller BeAT Rp 75.000
Roller Spin Rp 75.000
SHIFT UP
Roller Mio Rp 60.000
Rolller Vario Rp 75.000
KITACO
Belt Mio Rp 275.000
Roller Mio Rp 60.000
Roller Vario Rp 75.000
Roller BeAT Rp 75.000

6 komentar:

  1. gini...
    mrt punyaku G punya akselari.
    pdl sy memakai v_belt racin roller rcng juga cvt sama.
    merek ktc.

    BalasHapus
  2. untuk kampas CVT spin apakah bisa menggunakan pengganti lain seperti kepunyaan beat/mio/kymco terima kasih

    BalasHapus
  3. Kalo v belt yang cocok buat akselerasi dan performa vario 2006 merek apa gan? Maklum saya masih awam

    BalasHapus
  4. Gan saya mengunakan motor scoopy, saya ganti per cvt racing yang 1500rpm, roller dan vanbelt original.. Tapi motor saya malah ngeden/ga ada tenaganya layaknya motor 100 cc kebawah..

    BalasHapus
  5. penggantian roller honda beat dengan pemakaian normal tiap berapa kilometer ya??

    BalasHapus
  6. kalo v-belt persamaan beat fi yg lebih lebar apa gan ? Tp bandonya sama

    BalasHapus