Speedo FU berubah????

Perdebatan seru mengawali tulisan ini. karna muncul pertanyaan dari salah satu konsumen kita Yaitu, mengenai kecepatan spidometer digital yang berubah usai ganti gir belakang...

 




“Sepertinya kecepatan di spidometer jadi gak valid lagi setelah ganti sproket. Ketika pakai gir standar, lari motor seperti ini ada di kisaran 80 km/jam. Tapi, setelah ganti gir lebih kecil, kok larinya baru 60 km/jam,” ujar jarot (pemuda tampan nan tidak sombong yang lebih akrab dipanggil chodot ini) hahahaha.... yang ganti gir belakang Suzuki Satria F-150...

Jadi, menurutnya spidometer F-150 miliknya itu, sekarang seperti jadi ada selisih 20 km/jam dari seharusnya. Tapi sayangnya itu sekadar feeling alias dugaan. Sebab, chodot merasakan itu melalui hembusan angin yang menerpa wajahnya ketika berkendara....

Wah! Jangan pakai feeling dong. 
Ini harus dibuktikan lewat data dan pengetesan. Langsung aja sibos Afm bersama chodot mencari jawaban dari perdebatan itu. Satira F-150 milik pria yang tinggal di Jl.sawahan,ngawen Blora itu langsung digeber ber ber...

Gebernya tak sendiri! Melainkan, berdampingan dengan motor lain yang masih memakai gir standar. 
Hasil, di spidometer F-150 milik chodot menunjukan angka 60 km/jam. Tapi, di motor pendamping yang berjalan sejajar pun juga tunjukkan angka yang tidak sama! “Tuh kan beda!” sahut chodot...

kok gitu sihh????

coba dengan pengujian lain: 

1.pasang gear standart. 
2.mesin dinyalakan, putar setelan langsam, dinaikkan, misalnya 5000rpm. 
3.masukkan ke gigi 5 / 6, liat angka speedometer, catat tuh angka...
4.ganti gear ukuran lain. 
5.dengan rpm dan posisi gigi yg sama, catat kecepatan speedo.

kok bisa beda ya??
karena dengan ganti gear, putaran roda permenit beda, per-jam beda. jarak tempuh per-jam juga beda. terbukti kan? 
FAKTA: engineer merancang motor dgn spesifikasi tertentu, soo.. penggantian part non-standart psti ada pengaruhnya.

Nah, ada beberapa penjelasan yang bisa menjawab. Khususnya untuk Satria F-150. "Sebab, FU memiliki sensor spidometer model magnet. Sensor ini bekerja dengan cara membaca putaran gear, Jadi kemungkinan perubahan sangat besar,”
 
Yang berubah,pasti jarak tempuh,akselerasi & spido. Pakai perandaian. Jika gir belakang standar (42 mata), jarak 100 meter bisa dicapai dengan kecepatan 80 km/jam. Tapi pakai gir kecil (38 mata), kecepatan baru melaju di 50 km/jam. “Gir kecil akan lebih berat,perputaran sensorpun ikut lamban...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar