REGULASI HOCS 2010


REGULASI HONDA OTOCONTEST 2010

KETENTUAN UMUM
1. Terbuka bagi umum, perseorangan ataupun klub.
2. Hanya untuk sepeda motor HONDA produk keluaran AHM, bukan mochin ataupun motor 'mirip' Honda.
3. Penilaian dalam lomba diutamakan pada penampilan/performa luar, murni showbike. Jadi bukan dari kecepatan mesin yang telah dirombak atau keceperan mesin (ground clearance).
4. Harus pakai mesin sepeda motor merek HONDA, mesin lain seperti dinamo, pemotong rumput tidak diperbolehkan !!!
5. Mengutamakan bentuk stereotif sebuah motor, dan harus memakai basis motor HONDA.
6. Tidak diperbolehkan memakai cover bodi motor bermerk non-Honda, termasuk lampu-lampu. Motor yang terbukti mengaplikasikan perangkat bodypart merek non-Honda wajib mencopot komponen tersebut sebelum kontes berlangsung.
7. Nomor mesin dan nomor rangka tidak boleh diubah/ganti (sesuai STNK/BPKB), kecuali kelas ekstrim bisa memakai rangka tambahan baru atau bikinan sendiri (handmade), tetapi tidak boleh mencomot rangka merek lain.
8. Panitia tidak menyediakan peralatan bengkel. Panitia tidak menanggung kerusakan motor / kehilangan komponen / variasi akibat kesalahan peserta / penonton. Peserta juga harus ikut menjaga keamanan motor.
9. Pada saat pelaksanaan lomba, semua motor yang terdaftar sebagai peserta lomba tidak diperbolehkan diutak-atik, dibawa keluar area penjurian atau dibawa pulang, kecuali terjadi force majeure.
10. Peserta "dilarang keras menyalakan/menghidupkan mesin" motor selama lomba. Motor peserta yang dibawa keluar arena lomba dan peserta yang menyalakan mesin akan didiskualifikasikan/tidak akan dinilai.
11. Mengutamakan persaudaraan, persatuan dan kesatuan otomania, dilarang keras membawa senjata tajam, miras, dan barang-barang psikotropika.
12. Dilarang merokok dan wajib menjaga ketertiban dan kebersihan arena kontes.
13. Semua motor “wajib” didokumentasikan/diphoto oleh fotografer tabloid Ototrend - Jawa Pos Group. Jika menolak, panitia berhak mendiskualifikasi. Untuk kepentingan publikasi, pemotretan dan liputan, seluruh motor peserta HOCS 2010 sepenuhnya menjadi hak milik Ototrend Media Group.
14. Hasil lomba diputuskan oleh dewan juri yang berkompeten. Ketentuan dewan juri tidak bisa diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat. Protes diajukan secara tertulis dengan menyertakan uang sebesar uang pendaftaran kelas yang diprotes.
 
KETENTUAN TAMBAHAN
1. Seluruh motor peserta finalis HOCS 2006-2009, termasuk King nominee dan best nominee masih diperbolehkan ikut HOCS 2010, dengan syarat motor harus dimodifikasi dengan perubahan minimal 50% dari modifikasi tahun sebelumnya.
2. Finalis HOCS 2009 yang ikut HOCS 2010, tetapi tidak mengalami perubahan modifikasi dari tahun sebelumnya, maka total pointnya akan didowngrade satu tingkat ke peringkat bawahnya.
3. King of Honda Otocontest Series 2006-2009, kategori Extreme, Non Extreme dan Champion of Fashion Bike tidak diperbolehkan mengikuti rangkaian HOCS 2010.
4. Motor peserta yang sudah mendapatkan juara 1 per kelas di suatu seri HOCS 2010, tidak diperbolehkan ikut di seri selanjutnya. Sedangkan juara 2 & 3 dan best nominee masih boleh ikut seri berikutnya. Contoh : Honda Supra Fit Nopol AE 8888 XX juara di seri I, maka tidak boleh ikut seri II, III, IV.
5. Seluruh peserta yang meraih juara 1 per kelas, di seluruh serial HOCS 2010 berhak mengikuti Final Battle Honda Otocontest 2009 di Surabaya.
6. Peserta yang ikut dua kelas di suatu seri dan mendapatkan juara 1 semua, maka dianggap mendapatkan satu tiket finalis HOCS 2010. Peserta ini harus mengkonfirmasikan kepada dewan juri untuk memilih sebagai finalis mewakili satu kelas saja dan hak tiket final battle dari juara 1 di kelas lain yang dimenanginya akan diberikan ke juara 2 di kelas yang bersangkutan. Contoh : Honda Supra Fit Nopol L-5555-XX juara kelas bebek dan airbrush di seri I, maka diharuskan memilih mewakili kelas bebek atau airbrush. Jika memilih mewakili kelas bebek, maka tiket final battle kelas airbrush diberikan kepada juara 2-nya di seri tersebut.
7. Panitia akan memberikan uang ganti transportasi bagi seluruh finalis, mengikuti Final Battle HOCS 2010 di Surabaya.
8. Peserta finalis harus menyatakan/mengkonfirmasikan kepastian mengikuti Final Battle HOCS 2010 dengan mengisi dan menandatangani form keikutsertaan. Jika pada saat hari-H Final Battle HOCS 2010 tidak hadir, maka keikutsertaannya akan dicoret dan hak finalis akan diberikan kepada peringkat dibawahnya. Motor finalis yang tidak hadir di Final Battle HOCS 2010 dengan alasan apapun tidak diperbolehkan mengikuti HOCS tahun selanjutnya.
 
PELAKSANAAN & PENDAFTARAN
1. Lomba digelar hari Sabtu dan Minggu (Di kota Jawa Timur hanya hari Sabtu saja)
2. Pendaftaran dimulai sebulan sebelum hari H even dan info tempat pendaftaran dapat dilihat di tabloid ototrend.
3. Untuk peserta dari luar kota yang tidak bisa mendaftar langsung ke lokasi membooking dengan menyertakan data motor, nomor polisi, nama pemilik dan kelas diikuti.
4. Panitia tidak menerima penambahan pendaftaran baru pada saat lomba.
5. Jumlah peserta tidak dibatasi. Setiap peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas.
 
BIAYA & SYARAT PENDAFTARAN
1. Biaya pendaftaran Rp. 50,000 per kelas.
2. Peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas, dengan syarat motor sesuai regulasi masing-masing kelas.
3. Menyerahkan satu lembar fotocopy kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM) dan satu lembar fotocopy STNK/BPKB (jika ada).
 
TECHNICAL MEETING
1. Diadakan hari Jumat saat loading motor. info tempat TM dapat dilihat di tabloid ototrend
2. Peserta wajib mengikuti technical meeting. Peserta yang hadir/tidak hadir di technical meeting dianggap menyetujui semua regulasi yang telah ditetapkan.
3. Pasca technical meeting, peserta diberi 30 menit waktu untuk pindah kelas, tetapi tidak boleh mencabut pendaftaran. Setelah itu, panitia tidak menerima lagi “ganti/pindah kelas”.
 
LOADING MOTOR ( CHECK IN )
Daftar ulang dan scrutineering motor dilakukan pada Jumat H-1.
1. Peserta yang datang lebih dari waktu yang ditentukan mendapatkan pengurangan 10 point/jam. Peserta yang terlambat lebih dari waktu dispensasi, dikenakan pengurangan 50% dari total poin.
2. Check in (memasukan motor ke arena kontes) dilakukan setelah motor di test jalan dan discrut oleh panitia.
3. Mulai pukul .06.00 WIB motor sudah tertata rapi dalam arena kontes sesuai kelas yang diikuti. Pada saat ini, pemilik motor sudah tidak boleh mengutak-atik motor dan arena kontes disterilkan.
4. Panitia memberikan dispensasi waktu terakhir hingga 03.00 WIB bagi peserta luar kota, tetapi mendapatkan pengurangan poin.
5. Khusus seri Surabaya dan seri Malang, panitia tidak memberikan dispensasi keterlambatan, karena event diadakan di aera Mall.
6. Peserta yang terlambat check in hingga batas waktu terakhir tidak akan dinilai (diskualifikasi ), tetapi masih diperbolehkan memajang motornya.
7. Peserta yang terlambat/menyatakan mundur, pendaftaran dianggap hangus dan tidak bisa dikembalikan.
 
SCRUTINEERING
1. Semua mesin motor harus hidup dan bisa dipakai ( layak jalan ) melalui discrut dengan test jalan. Noka dan nosin harus sesuai STNK/BPKB.
2. Semua komponen test jalan seperti fuel, gas dan rem harus berfungsi sempurna.
3. Sirkuit test jalan berupa trek lurus sepanjang 50 – 100 meter dengan cone ( kondisional )
4. Peserta harus mengitari cone tersebut secara saling silang.
 
UNLOADING MOTOR ( CHECK OUT )
1. Hasil lomba akan diumumkan pada Sabtu (bila even di Jatim) atau Minggu (bila even non Jatim)
2. Peserta diperbolehkan check out/mengeluarkan motor dan perlengkapannya setelah acara selesai jam 22.00 WIB sd selesai.
3. Syarat motor keluar : menyerahkan ID Card/ formulir keluar masuk barang atau surat lain yang dikeluarkan panitia.
 
HAK & KEWAJIBAN PESERTA
1. Mendapatkan fasilitas stiker scrut Honda, stiker Otorend/sponsor, ID Card, T-shirt, marchendize sponsor dll
2. Diperbolehkan membawa peralatan bengkel, kit pembersih, lap, perlengkapan display dan sejenisnya.
3. Diperbolehkan mempersiapkan/mengelap motor sebelum waktu penilaian dengan waktu dan tanda yang ditentukan panitia.
4. Memperoleh perlakuan dan hak sama dengan peserta lain dan harus menaati seluruh regulasi dan tata tertib yang ada.
5. Panitia menyediakan alas karpet dan level staging ( fakultatif ) .
6. Peserta diperbolehkan memakai aksesoris pelengkap/display.
7. Tidak dibenarkan mengutak-atik/perbaikan/mengelap motor selama pameran, kecuali diminta oleh team juri.
8. Peserta diperbolehkan berada di sekitar areal kontes (bukan dalam arena motor) pada saat penjurian dan pameran. Tetapi tidak diperbolehkan menunggui/tidur di arena.
9. Panitia menyediakan ruangan/tenda khusus sebagai tempat istirahat bagi peserta luar kota, diluar arena kontes.
 
DEWAN JURI & PENJURIAN
1. Penilaian kontes akan dilakukan oleh dewan juri yang berkompeten di bidangnya, yakni juri senior Ototrend dan juri dari AHM.
2. Panitia / dewan juri berhak memindah motor / peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu modifikasi. Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang.
3. Penjurian dilakukan secara terpadu, komprehensip dengan jadual dan waktu yang telah ditentukan selama kontes berlangsung.
4. Seluruh peserta wajib mengisi dan mengembalikan lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical meeting, sebagai syarat penjurian oleh dewan juri.
5. Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa diganggu gugat.

REGULASI PER KELAS HOCS

KELAS ROOKIE / PEMULA
UMUM

1. Untuk motor Honda modifikasi hasil kreasi modifikator pemula, khusus tipe bebek, matic dan sport yang dimodif minimalis.
2. Layak jalan, bersurat kendaraan lengkap dan safety riding.
3. Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama keserasian universal.
4. Aplikasi aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point tinggi.
5. Bodi, kaki, dan mesin tidak boleh dikrom atau poles. Kecuali aksesoris standart pabrikan.
BODY
6. Maks bodi standart motor + aksesoris variasi toko.
7. Wajib pasang spion, boleh aseso / standart motor.
8. Diharuskan ada headlamp, signlamp dan stoplamp. Dianjurkan part standartnya. Lampu dan kedok depan boleh dicustom fiber minimalis, tapi tidak boleh ganti kedok merek dan jenis lain atau style trondol. Ganti kedok imitasi diperbolehkan, asal sesuai spesifikasi merek motor Honda aslinya dan wajib dipasang lampu.
9. Tidak diperbolehkan memakai cover bodi motor bermerk non-Honda, termasuk lampu-lampu. Motor yang terbukti mengaplikasikan perangkat bodypart merek non-Honda wajib mencopot komponen tersebut sebelum kontes berlangsung.
10. Bodi standar, boleh diganti warna, maksimal polos solid tanpa efek.
11. Ganti warna ; cat bunglon, mutiara, hologram, glitter, dub city, xyralic, efek-efek, two tone, ghost flame, motif Hot wheel tidak diperbolehkan.
12. Stiker standar pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting r/pinstrip. Body fully cutting stiker + two tone tidak diperbolehkan.
13. Airbrush total, krom bodi, cat krom, krom yang dicandy tone “Tidak diperbolehkan”.
14. Tidak boleh secara total mengaplikasikan efek-efek cat yang terlalu banyak, kecuali sebatas smoke di lampu.
15. Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal, aplikasi fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
16. IBE tidak diperbolehkan !
KAKI
17. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar, giga disc, Buell disc asesoris toko, pelek variasi dan “tidak boleh dikrom ataupun dipoles!”.
18. Modifikasi kaki jadi monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah ber-monosok.
19. Pengereman dibatasi ; maksimal single cakram depan - belakang (sisi kanan untuk rem belakang). Multikaliper tidak diperbolehkan. “Tidak boleh dikrom atupun dipoles!”
20. Pelek diutamakan diganti variasi. “Tidak boleh dikrom ataupun dipoles” kecuali merk variasi tertentu semisal Evo dan kipas yang memang sudah diproses poles dari pabriknya.
21. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
22. Orbital, gardan, transfer system baru, monosok custom/hand made, cantilever, swingarm custom, V-belt dan Timing belt, monoarm, "tidak diperbolehkan"
23. Khusus untuk model ceper tidak dihitung ground clearance-nya.
MESIN & ASESORIS
24. Multikarbu tidak diperbolehkan.
25. Aksesorisnya dibatasi : satu stabiliser, satu oil cooler, satu tachometer dan satu pasang gauge meter (2 buah).
26. Kalter, blok mesin, swingarm, sok depan-belakang, kaliper, piringan cakram, adaptor kaliper, dan tangki “tidak boleh dikrom atau poles! Kecuali produk variasi.”
27. Pijakan kaki/footpeg, batang footstep, standar motor, behel, starter kick tidak boleh dikrom/poles, kecuali dari standarnya.
28. Knalpot bisa diganti variasi, kecuali custom made dilarang.
29. Baut-baut bisa diganti variasi atau Posh asal “Tidak boleh dikrom”.
30. Baut L boleh , tetapi pemanis ring baut monel tidak diperbolehkan.
31. Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”
 
KELAS ASESORIS
UMUM

1. Untuk seluruh motor Honda modifikasi hasil kreasi modifikator pemula, baik tipe bebek, matic dan sport dimodif super-minimalis.
2. Layak jalan, bersurat kendaraan lengkap dan safety riding.
3. Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama, komposisi, harmonisasi dan keserasian universal.
4. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak/mahal, belum tentu meraih point tinggi.
5. Bodi, kaki, dan mesin tidak boleh dikrom, dicat ulang atau poles. Kecuali aksesoris standart pabrikan.
BODY
6. Bodi harus standart motor Honda, ditambah aksesoris variasi toko.
7. Harus pasang spion, boleh aseso / standart motor, safety riding.
8. Diharuskan ada headlamp, signlamp dan stoplamp. Dianjurkan part standartnya.
9. Lampu depan, belakang dan kedok depan tidak boleh dicustom apapun, tidak boleh di-fibertrend, dicat/smoke, di-sipitin.
10. Tidak boleh ganti kedok merek dan jenis lain, tidak boleh style trondol. Khusus motor laki, ganti setang variasi diperbolehkan.
11. Ganti kedok imitasi diperbolehkan, asal sesuai spesifikasi merek motor Honda aslinya dan tetap wajib dipasang lampu.
12. Tidak diperbolehkan memakai cover bodi motor bermerk non-Honda, termasuk lampu-lampu. Motor yang terbukti mengaplikasikan perangkat bodypart merek non-Honda wajib mencopot komponen tersebut sebelum kontes berlangsung.
FINISHING
13. Bodi, kaki standar, tidak boleh dikrom, di-poles, di-anodized, dicat / diganti warna apapun.
14. Stiker standar pabrik bisa dikelupas, bisa diganti dengan stiker variasi sejenis / trans-stiker, tetapi tidak boleh ditambah cutting stiker apapun.
15. Pinstrip dan pemakaian body fully cutting stiker + two tone tidak diperbolehkan.
16. Stiker standar pabrik boleh diakali, dipotong, dicoak, tetapi tidak boleh di-cat ulang / ditambah cuting art.
17. Gaya modif dibatasi, mengutamakan variasi. Style JDM, hotwheel dll + cutting stiker haram !
18. Airbrush total, krom bodi, cat krom, krom dicandy tone “haram”.
19. Coak bodi dalam bentuk apapun dilarang, kecuali sebagai media pembantu pemasangan asesoris. IBE haram !
KAKI
19. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal pemakaian tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar, giga disc, Buell disc asesoris toko, pelek variasi dan “tidak boleh dikrom ataupun dipoles!”. Custom ruji plintir / Ruji rapat / ruji 72 tidak boleh diterapkan.
20. Modifikasi kaki jadi monosok tidak diperbolehkan.
21. Pengereman dibatasi ; maksimal single cakram depan. Rem belakang harus standar.
22. Rem belakang tidak boleh diganti cakram, kecuali motor Honda yang standarnya sudah cakram, yakni New Tiger Revo dan New Honda Supra X125.
23. Multikaliper dilarang . “Tidak boleh dikrom ataupun dipoles!”
24. Pelek diutamakan diganti variasi. “Tidak boleh dikrom ataupun dipoles” kecuali merk variasi tertentu semisal Evo dan kipas yang memang sudah diproses poles dari pabriknya.
25. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt).
26. Orbital, gardan, transfer system baru, monosok custom/hand made, cantilever, swingarm custom, V-belt dan Timing belt, monoarm, "tidak diperbolehkan"
27. Model ceper tidak dihitung ground clearance-nya, model ceper harus bergaya ceper cakep. Sumbu roda belakang maju diperbolehkan, tetapi superstroke / hyperstroke haram !!
MESIN & ASESORIS
27. Multikarbu tidak diperbolehkan.
28. Asesorisnya dibatasi : satu stabiliser, satu oil cooler, satu tachometer dan satu pasang gauge meter (2 buah). Ttidak boleh ditanam di bodi.
29. Kalter, blok mesin, swingarm, sok depan-belakang, kaliper, piringan cakram, adaptor kaliper, dan tangki “tidak boleh dikrom atau poles! Kecuali produk variasi.”
30. Pijakan kaki/footpeg, batang footstep, standar motor, behel, starter kick tidak boleh dikrom/poles, kecuali dari standarnya.
31. Knalpot bisa diganti variasi, kecuali custom made tidak diperbolehkan.
32. Baut-baut bisa diganti variasi / Posh asal “Tidak boleh dikrom”.
33. Baut L dianjurkan, tetapi pemanis ring baut monel tidak diperbolehkan.
34. Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”
 
KELAS RACING LOOK
1. Hanya untuk jenis motor bebek, sport dan matic yang dimodif model racing (balap). Model ayago diperbolehkan atau ayago modifikasi.
2. Tidak dibatasi kapasitas ataupun jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
3. Aliran racing look terbatas, khusus model drag race dan road race.
4. Rangka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
5. Model telanjang (drag bike), main bone tidak boleh dipotong, subframe bisa disesuaikan.
6. Mesin, harus tetap menyertakan nosin, tetapi part mesin bisa diganti dengan variasi balap, termasuk penggantian silinder kop, kalter, girboks ataupun jeroan mesin.
7. Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
8. Limbah moge : upside down, swing arm dan pelek tidak diperbolehkan, kecuali part tertentu seperti karbu, pengapian dan monosok.
9. Harus menggunakan pelek dan ban sepeda motor, bisa standar ataupun variasi racing. Pelek custom eks mobil tidak diperbolehkan.
10. Kaki-kaki bisa diganti variasi, tetapi sistem penggerak harus konvensional, harus rantai untuk bebek dan CVT untuk matic.
11. Body fiber/plat diperbolehkan. Cat/brush/krom bebas. Aplikasi asesoris penunjang, termasuk jok single seater, plat, bordes bebas. Pemakaian lampu boleh pakai, boleh tidak (fakultatif)
12. Item penilaian terdiri atas performa luar, komposisi, ide kreasi baru, trend anyar, cat/airbrush, kelistrikan, tingkat kesulitan dan tipstrick menaklukan sebuah masalah modifikasi racing look, trouble shooting dan keserasian universal.
 

KELAS MATIC IBE ( IN BIKE ENTERTAINTMENT )
1. Hanya untuk motor matic Honda.
2. Noka dan nosin harus sesuai dengan BPKB dan STNK.
3. Rangka, mesin, bodi dan kaki terbatas dimodifikasi. Transbody diperbolehkan, tetapi penggerak harus konvensional. ( modifikasi kaki & body sama seperti kelas funky )
4. Diperuntukan bagi motor modifikasi Honda yang memakai perangkat In Bike Entertainment (IBE) seperti audio sound system, home theatre, VCD-DVD Player dan hiburan lainnya.
5. Modifikasi IBE ( In Bike Entertainterment ) lebih mengutamakan eksterior luar, khusus show bike. Sedangkan aksesoris/produk variasi non IBE sebagai item pendukung poin tambahan.
6. Penilain IBE didasarkan pada audio-video yang dihasilkan, sound quality (kejernihan suara) dan bukan power output (SPL) yang dikeluarkan.
7. Semua motor yang mengikuti kategori IBE akan diuji coba ( test ) dengan waktu dan tempat yang ditentukan panitia. Format test suara menggunakan CD dan MP3/4.
8. Aplikasi komponen audio video system seperti power unit, tape, TV, VCD-DVD Player, home theatre, Game Player, capasitor bank dll tidak dibatasi merk tertentu.
9. Tata letak komponen dan instalasi bebas, tetapi tidak boleh mengubah konstruksi body, tidak boleh memakai plat/fibercustom secara ekstrim. Dianjurkan masuk di dalam body / bagasi underseat atau di tengah dek ( matic ).
10. Penempatan power amp dan aki harus aman, tidak menganggu pengendara dan engine.
11. Aplikasi merek audio-video mahal dan banyak, belum tentu meraih point tertinggi. Asesoris yang dinilai bukan dari segi mahal/banyak/jumlah komponen tetapi dari keserasian/tata letak/komposisi serta inovasi barunya.
12. Subwoofer maksimal ukuran 8 inci dan berjumlah 2 buah. Tweeter dan midrange speaker bebas.
13. Instalasi sumber daya harus menggunakan catu daya motor (aki motor). Jumlah aki tidak dibatasi dan harus diposisikan di dalam body.
14. Aki mobil tidak diperboleh. Pemakaian dinamo ampare / dinamo isi mobil tidak diperbolehkan.
15. Pemakaian listrik ( PLN ) tidak diperbolehkan dan panitia tidak menyediakan colokan listrik di lokasi kontes.
 

KELAS BEBEK CUSTOM
UMUM

1. Kelas modif untuk motor Honda tipe bebek/cub (Blade, Revo, Grand, Supra, Legenda, C70, Supra X 125 dll). Regulasi sama kelas bebek modif.
2. CS-1 tidak diperbolehkan ikut bebek modif.
3. Rangka, mesin tetap standar/orisinil dan tidak diubah secara frontal.
4. Diutamakan bagi motor modif dengan "stereotif bentuk sebuah motor bebek Honda.” Modifikasi model ayago diperbolehkan.
5. Mesin, komponen pendukung dan komponen lain bisa dimodifikasi atau diganti variasi.
6. Tidak diperbolehkan memakai cover bodi motor bermerk non-Honda, termasuk lampu-lampu. Motor yang terbukti mengaplikasikan perangkat bodypart merek non-Honda wajib mencopot komponen tersebut sebelum kontes berlangsung.
7. Item penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, kreativitas, cat/airbrush, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, tipstrick, tingkat kesulitan dan keserasian universal.
8. Layak jalan dan 'fungsional'.
BODY
9. Bodi boleh dirombak, namun masih kelihatan bodi/kesan bebeknya.
10. Bodi fiber atau plat diperbolehkan, kecuali custom 3D.
11. Model/style bebas : high profile, minimalis, motor thailand, racing style, motor ceper,dll.
KAKI-KAKI
12. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh terlalu frontal, maksimal pemakaian tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc.
13. Dobel cakram tiap pelek diperbolehkan.
14. Multikaliper dan multikarbu tidak diperbolehkan.
15. Sistem konstruksi kaki-kaki dan penggerak harus konvensional.
16. Monoarm pabrik, suspensi, dan kaki limbah moge diperbolehkan.
17. Swingarm, fork hand made diperbolehkan asal berkonstruksi konvensional, seperti swingarm extended, banana dobel arm, springer fork atau garpu/up side down custom (kondom/sok dibalik).
18. Penggerak orbital/gardan/TTS/cantilever/transfer sytem baru "tidak" diperbolehkan, kecuali V-belt dan timing belt diperbolehkan.
19. Aplikasi pelek handmade diperbolehkan selama konstruksinya konvensional dan harus menggunakan ban sepeda motor (non mobil)
20. Khusus untuk model ceper “tidak dinilai ground clearance-nya.”
ASESORIS
21. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi.
22. Penggunakan IBE tidak diperbolehkan.
23. Multi tacho dan multi gauge diperbolehkan.
 

KELAS SPORT CUSTOM
1. Untuk jenis motor Honda tipe sport (laki-laki/batangan), Honda CS-1 harus masuk kelas ini. Regulasi sama kelas sport modif
2. Motor Honda produk non AHM tidak diperbolehkan ikut, yakni CBR 150 dan NSR 150.
3. Rangka utama dan mesin tetap standar/orisinil dan tidak diubah secara frontal, sedangkan subframe boleh dipotong/modifikasi.
4. Tidak mengutamakan basis mesin (konfigurasi/kapasitas/jenis mesin)
5. Diutamakan bagi motor Honda dengan "stereotif bentuk sebuah motorsport/sportbike".
6. Jeroan mesin dan komponen pendukung ataupun komponen lainnya bisa dimodifikasi atau diganti dengan variasi.
7. Tidak diperbolehkan memakai cover bodi motor bermerk non-Honda, termasuk lampu-lampu. Motor yang terbukti mengaplikasikan perangkat bodypart merek non-Honda wajib mencopot komponen tersebut sebelum kontes berlangsung.
8. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh terlalu frontal, maksimal pemakaian tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc.
9. Dobel cakram tiap pelek diperbolehkan.
10. Multikaliper, dan multikarbu tidak diperbolehkan.
11. Sistem konstruksi kaki-kaki dan penggerak harus konvensional.
12. Monoarm, suspensi, dan kaki limbah moge diperbolehkan.
13. Swingarm dan fork hand made diperbolehkan asal berkonstruksi konvensional, seperti swingarm extended, banana dobel arm, springer fork atau garpu/up side down custom (kondom/sok dibalik).
14. Penggerak orbital/gardan/TTS/cantilever/transfer sytem baru "tidak" diperbolehkan, kecuali V-belt dan timing belt diperbolehkan.
15. Bodi bebas dimodifikasi (fiber custom, plate custom, coak, ganti bodi merk Honda).
16. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi.
17. Gaya yang dianut bebas, bisa sport fairing, sport cruiser, super motto, hypermotrad, naked bike dll.
18. Aplikasi pelek handmade diperbolehkan selama konstruksinya konvensional dan harus menggunakan ban sepeda motor (non mobil)
19. Item penilaian : performa semua bagian motor, model/bentuk/aliran yang dianut (minimalis, naked bike, standar) inovasi, kreativitas, cat/airbrush, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, tipstrick, tingkat kesulitan dan keserasian universal.
20. Layak jalan dan fungsional.
 

KELAS FUNKY ( BEBEK FUNKY, SPORT FUNKY )
UMUM

1. Kelas modif untuk motor Honda baik bebek/sport, yang dimodif minim (kecuali Supra X 125). Tujuannya kelas ini bagi motor modif minimalis, biasa dipakai harian.
2. Nomor mesin dan nomor rangka tidak boleh diubah/ganti (sesuai STNK/BPKB).
3. Khusus untuk model ceper tidak dihitung ground clearance-nya.
4. Model/style bebas, termasuk high profile, minimalis, Dub City, Hot wheels, low rider, Jap’s Style, Retro Style, motor thailand, road race, motor ceper, dll.
5. Item penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, kreativitas, cat/airbrush, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, tingkat kesulitan, dan keserasian universal.
6. Layak jalan dan fungsional.
BODY
7. Maksimal bodi masih orsi motor dengan pemasangan aksesoris variasi toko.
8. Kawin silang “body part” dengan merk lain tidak diperbolehkan. Body hanya boleh mengganti dari jenis atau varian motor honda.

9. Tidak diperbolehkan memakai cover bodi motor bermerk non-Honda, termasuk lampu-lampu. Motor yang terbukti mengaplikasikan perangkat bodypart merek non-Honda wajib mencopot komponen tersebut sebelum kontes berlangsung.
10. Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal.
11. Aplikasi fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris dan pendukung bodi dalam skala kecil (sebatas head lamp, visor, stop lamp dan spatbor).
12. Kedok buta - lampu bajak laut diperbolehkan.
13. Aplikasi krom body diperbolehkan.
KAKI-KAKI
14. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh terlalu frontal, maksimal pemakaian tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc dan Buell disc asesoris toko.
15. Aplikasi pengereman, maksimal dobel disc depan dan single disc belakang sebelah kanan.
16. Multi kaliper dalam satu disc tidak diperbolehkan.
17. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai).
18. Orbital, gardan, transfer system baru, cantilever, V-belt dan Timing belt, monoarm, "tidak diperbolehkan"
ASESORIS
19. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi. Aplikasi dan trend asesoris khas Dubcity / Hotwheels seperti blink-blink, kulit, logo, berlian, luxurius aseso ataupun trend aseso terbaru dan fresh menambah poin penilaian..
20. Aplikasi IBE tidak diperbolehkan, kecuali disisipkan (dimasukkan) dalam jok sebagai pelengkap/pemanis.
21. Monel, baut L, emblem, Swarovsky, Posh diperbolehkan.
22. Multi karbu untuk asesoris tidak diperbolehkan.
 

KELAS HONDA MATIC FUNKY / FASHION
UMUM

1. Kelas kontes untuk motor Honda Vario dan Beat yang sudah dimodif customized, tapi tidak frontal.
2. Nomor rangka dan nomor mesin tidak boleh diubah/ganti (sesuai STNK/BPKB).
3. Gaya yang dianut bebas, standar/minimalis, IBE perform, trail look, drags look, sportster, high profile, minimalis, motor thailand, road race, supermoto dll.
4. Item penilaian terdiri atas performa semua bagian motor, bentuk/model, inovasi, kreativitas, cat/airbrush, aksesoris, kelistrikan, tipstrick, tingkat kesulitan dan keserasian universal.
5. Layak jalan dan fungsional.
KAKI-KAKI/RANGKA
6. Kaki-kaki dan body terbatas dimodifikasi, masih berbentuk skubek. Body/Mesin molor tidak diperbolehkan.
7. Pemakaian multi cakram diperbolehkan, maksimal tiga buah, dua di depan dan satu di belakang ( kiri/kanan boleh).
8. Multi kaliper dalam satu disc tidak diperbolehkan.
9. Rangka standar tidak boleh diubah/modif. Sedangkan pemakaian rangka tambahan ( new subframe ) diperbolehkan, bisa plat, fiber, besi dll.
10. Pemakaian asesoris tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc dianjurkan.
11. Untuk kaki-kaki, maksimal pada penggantian asesoris seperti tabung sok, cakram, panel kontrol, CVT boks dll.
12. Perubahan konstruksi monosok diperbolehkan (pro-link, center monosok, right monosok)
13. Sistem konstruksi kaki-kaki dan penggerak harus konvensional. Orbital, gardan, transfer system baru, cantilever, monoarm handmade, tidak diperbolehkan.
14. Harus menggunakan pelek dan ban sepeda motor.
15. Pemakaian pelek custom dari bahan pelek non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.
16. Perubahan kaki dari 14 inchi ke diameter yang lebih besar atau lebih kecil diperbolehkan (8/10/12/16/17 inch)
BODY
17. Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal, aplikasi fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris dan pendukung bodi ( add lips)
18. Tidak diperbolehkan memakai cover bodi motor bermerk non-Honda, termasuk lampu-lampu. Motor yang terbukti mengaplikasikan perangkat bodypart merek non-Honda wajib mencopot komponen tersebut sebelum kontes berlangsung.
19. Pemakaian multi karbu dan multi kaliper tidak diperbolehkan.
20. Pemakaian perangkat audio video (In Bike Entertaintment) yang sudah mengubah bentuk skubek secara total tidak diperbolehkan, kecuali perangkat IBE yang maksimal diposisikan di dalam jok sebagai pemanis/pelengkap modif.
21. Aplikasi body krom diperbolehkan.
22. Penggunaan cat, dibrush, poles, chrome, anodized mendukung penilaian universal.
23. Jenis, merek cat dan finishing bebas ( bunglon/ dubcity/hotwheels dll )
ASESORIS
24. Pemakaian asesoris bebas, tetapi tidak boleh mencomot komponen bodi merek motor lain.
25. Asesoris yang dinilai bukan dari segi banyak/jumlah komponen tetapi dari keserasian/komposisi serta inovasi barunya.
26. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi.

27. Mesin dan komponen pendukung ataupun komponen lainnya bisa dimodifikasi atau diganti dengan variasi.
28. Layak jalan dan 'fungsional'.
 

KELAS HONDA MATIC CUSTOM
UMUM

1. Kelas kontes untuk motor Honda Vario dan Beat yang sudah dimodif customized.
2. Nomor rangka dan nomor mesin tidak boleh diubah/ganti (sesuai STNK/BPKB).
3. Gaya yang dianut bebas, standar/minimalis, IBE perform, trail look, drags look, sportster, high profile, minimalis, motor thailand, road race, supermoto dll.
4. Item penilaian : performa semua bagian motor, bentuk/model, inovasi, kreativitas, cat/airbrush, aksesoris, kelistrikan, tipstrick, tingkat kesulitan dan keserasian universal.
5. Layak jalan dan fungsional.
KAKI-KAKI/RANGKA
6. Kaki-kaki dan body "bebas" dimodifikasi, namun masih berbentuk skutik Honda. Body/Mesin molor diperbolehkan.
7. Tidak diperbolehkan memakai cover bodi motor bermerk non-Honda, termasuk lampu-lampu. Motor yang terbukti mengaplikasikan perangkat bodypart merek non-Honda wajib mencopot komponen tersebut sebelum kontes berlangsung.
8. Pemakaian multi cakram dan multikaliper diperbolehkan.
9. Rangka standar tidak boleh diubah/modif. Sedangkan pemakaian rangka tambahan ( new subframe ) diperbolehkan, bisa plat, fiber, besi dll.
10. Pemakaian asesoris tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc dianjurkan.
11. Sistem konstruksi kaki-kaki dan penggerak baru diperbolehkan. Orbital, transfer system baru, cantilever, monoarm handmade, diperbolehkan.
12. Boleh menggunakan velg mobil atau custom dll.
13. Perubahan kaki dari 14 inchi ke diameter yang lebih besar atau lebih kecil diperbolehkan (10/16/17 ichi)
14. Khusus untuk limbah/eks kaki moge dan arm variasi diperbolehkan.
BODY
15. Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang masih kelihatan bentuk wajah matic Honda.
16. Pemakaian multi karbu dan multi kaliper diperbolehkan.
17. Pemakaian perangkat audio video ( In Bike Entertaintment ) diperbolehkan.
18. Aplikasi body krom diperbolehkan.
19. Penggunaan cat, dibrush, poles, chrome, anodized mendukung penilaian universal.
20. Jenis, merek cat dan finishing bebas ( bunglon/ dubcity/hotwheels dll )
ASESORIS
21. Pemakaian asesoris bebas, tetapi tidak boleh mencomot komponen bodi merek motor lain.
22. Asesoris yang dinilai bukan dari segi banyak/jumlah komponen tetapi dari keserasian/komposisi serta inovasi barunya.
23. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi.
24. Mesin dan komponen pendukung ataupun komponen lainnya bisa dimodifikasi atau diganti dengan variasi.
25. Layak jalan dan 'fungsional'.
 

KELAS EXTREME
1. "Harus menggunakan mesin sepeda motor HONDA" dan harus berbentuk sepeda motor ( roda 2 )
2. Terbuka bagi semua motor jenis apapun yang sudah mengalami perubahan/modifikasi frontal yang berbeda dari bentuk asli/umum tetapi "harus berbentuk motor".
3. Kelas “modifikasi bebas/terbuka” bagi semua motor jenis apapun yang sudah mengalami perubahan/modifikasi frontal yang berbeda dari bentuk asli/umum.
4. Mesin/rangka/chasis/body bebas dimodifikasi/ubah/dipotong/diganti tapi harus tetap menggunakan mesin Honda, tidak boleh mengambil rangka langsung dari merek lain.
5. Harus menggunakan bodypart dan lampu merek Honda. Motor yang terbukti mengaplikasikan perangkat bodypart merek non-Honda wajib mencopot komponen tersebut sebelum kontes berlangsung.
6. Mengutamakan modifikasi dari kaum modilover yang belum pernah ada, terutama dari segi konsep/desain dan inovasi/penemuan terbaru. Inovasi yang ditampilkan harus bersistem jelas, tidak asal pasang, dan harus bisa diaplikasikan di jalan (layak jalan), misalnya forklift, penggerak roller transfer system, kaki linkage system, orbital dan penemuan terbaru hypercrea yang belum pernah ada, dan bisa dipadu unsur modifikasi motor.
7. Model/gaya/aliran yang dianut bebas. (naked bike, futuristik, dragster dll)
8. Mengutamakan performa universal, ide kreasi baru, trend anyar dan tips trick menaklukan sebuah masalah modifikasi motor.
9. Layak jalan dan fungsional. Dan “tidak boleh mengikuti kelas lain dibawahnya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar