oprek honda cs1

Honda CS1 di bore up 150cc????


Sebenarnya yang dilakukan cukup mudah...
Mulai dengan mengganti piston standar CS1 yg berukuran 58mm diganti dengan piston honda Tiger yang berukuran 63,5mm....
Kalo dihitung, V = phi / 4 x (6,35)kuadrat x (4,72).
Maka ketemu Volume yang baru adalah 149,4cc

Wow... Mirip FU... Hahahhhaaa

kruk as  & stang piston masih standar... 
Perubahan ada saat mengawinkan conrod standar yg memiliki pen piston diameter 13mm dengan pen piston tiger yg berlingkar 15mm..
Alhasil, system sok pen piston dilakukan... Bahan menggunakan standar pen piston tiger, kemudian di sok dengan pen piston cs1 13mm....

Oke lanjut...

Silinder block dilakukan penggantian boring, menggunakan boring Honda Tiger Dibenamkan piston Tiger dengan suksesnya...
Crankcase tengah tidak mengalami perubahan, karena diameter tengah sudah besar...
Namun ada yg harus diwaspadai... Ketinggian piston Tiger lebih tinggi 6mm dibanding piston CS1..
Lalu,,,,,, bisa saja sih silinder block di tambah packing aluminium 6mm. Tapi saya ingin packing setipis mungkin agar rantai mesin tidak perlu disambung... Sehingga masih memakai rantai mesin standarnya....
Alhasil, piston di redesign kemudian paking menggunakan aluminium 1mm saja.
Setelah set TOP piston selesai, saatnya beralih ke silinder head... Kubah dan squish area tidak dirubah...
Packing head pesan khusus dengan tebal 1mm, agar tidak terjadi kebocoran air radiator...
Karena motor sudah dibeliin CDI racing yg skarang juga terpasang, maka sektor pegas katub harus dibenahi... 
Pegas katub diganjal ring tembaga 1mm, agar frekuensi floating pegas sedikit beranjak naek... 
Alhasil gejala klep bersenggolan dengan piston tak terjadi....

Porting in - ex masih standar.. Belum dijamah mata bore tune...
Lanjut ke karburator.. Diganti keihin PE28mm, dengan pilotjet 45 dan mainjet 130...

Mesin dah oke... Tenaga melonjak... Sekarang beralih ke system transfer tenaga yaitu kopling...
Kanvas kopling ganti dengan merek BRT, yah lumayan harga murah, kualitas baik. Heheheee
Tak lupa pegas kopling jg diganti.... Kombinasi yg tepat...
gear belakang yang terlalu pendek track nya...diganti dengan gear 40 mata...
mantap & aman soleman.... :D

1 komentar:

  1. Klau pakai boring tiger bagian blok mesti d bibut juga?

    BalasHapus