Pasang Karbu CBR di Vario??

 








Honda Vario yang sudah melakukan bore up, biasanya sulit cari karburator yang cocok. Maklum karbu standar ukurannya kecil, cuma 22 mm. "Tekor kalau dipaksakan," ujar om parid mekanik sekaligus pemilik bengkel AFM mulia jaya di Jl.Blora-pwdd km.15 ngawen Blora ini...

Paling simpel ganti dengan karbu Keihin PE yang aslinya milik Honda NSR SP. Namun kendalanya pakai model ini suplai bahan bakar jadi boros dan suara lebih beringas. "Banyak konsumen yang ngeluh," jelas mekanik berambut kriting cepak ini ada apanya,eh salah,apa adanya...
hehehe...

Sekarang om parid sudah dapat ramuan yang tepat buat alternatif karbu Vario yang sudah bore up. "Saya pasang karburator milik Honda CBR150. Modelnya vakum dan sama merek Keihin," ungkapnya sambil menjelaskan harga pasaran karbu ini barunya mencapai Rp 1,5 jutaan....wkakakakakaka mahal gan....

Kelebihan pasang karbu CBR150 yang tipe VK banyak bekasnya. Sehingga lebih murah. Selain itu ukuran lebih besar yaitu 28 mm, suara motor juga lebih lembut, suplay bensin nggak boros, dan aplikasinya nggak banyak ubahan. Malah bisa langsung dipasang ke intake bawaan motor. "Paling sip chooke asli Vario yang model elektrik masih bisa dioperasikan normal," jelas om parid.

om parid kasih bocoran untuk proses pemasangan. Syarat pakai karbu CBR150 ini mesin sudah dibore up dengan piston diameter 53 mm sampai 58 mm.

Lantas sebelum karbu CBR150 dipasang, lepas dulu rumah chooke bawaan karbu yang modelnya masih pakai sistem analog atau tarik. Kalau sudah dilepas, tinggal pasang rumah cuk bawaan Vario yang tipenya sudah elektrik. Tenang, dudukan rumah cuke sama, jadi enggak perlu ada ubahan lagi.

Sekarang tinggal proses pasang karbu ke intake Vario. "Klem standar baik nya diganti dulu sama yang lebih lebar, karena diameternya sudah tidak mencukupi lagi," wanti si om.

Untuk filter karbu hanya rumahnya saja yang masih bisa diaplikasi. Sedangkan dalemannya seperti kertas penyaring harus dilepas. "Kalau filter nggak kosong, tarikan malah jadi nahan,"
 
Seting spuyer juga mudah, pilot dan main-jet bawaan karbu CBR150 ukuran 38/115 masih bisa dipakai. Cuma untuk bore up 55 mm tetap perlu ubahan sedikit lagi. Yaitu main-jet 38 sedang pilot-jet 110.

Harga baru karbu CBR150 memang mahal. Tapi kalau mau sedikit berhemat bisa mengandalkan karbu CBR150 bekas. “Berkisar Rp 750-900 ribuan,” jelas mekanik yang pasang banderol Rp 150 ribu untuk proses pemasangan karbu ini sampai tuntas.

2 komentar:

  1. tai anjing lah..
    copas dr otomotif nama bengkelnya di ganti !
    cari nama bukan begini caranya boss !

    BalasHapus
  2. wakwakwakawk... yg udah terkenal kan si johny holle
    keren jg ne blog hehehe...

    BalasHapus