CDI programable,apa itu???

CDI programmable???
What????

Ya CDI yang bisa di program dengan menggunakan media laptop, PC atau remote controller...
CDI digital yang ada di motor-motor terbaru menggunakan CDI programmed atau sudah di program oleh pabrikan dan enggak bisa dirubah rubah lagi.....yu now???

Lalu apanya yang di program????
CDI sebagaimana kita tahu, berfungsi sebagai pengatur waktu pengapian atau kurva pengapian untuk proses penyalaan busi. CDI juga berfungsi mengatur energi listrik yang bisa di percikkan oleh busi serta mengatur durasi percikkan busi.  Jadi CDI memiliki 3 fungsi dasar ini...

Nah, CDI programmable yang ada saat ini, adalah memprogram waktu pengapian atau kurva pengapian. Mungkin next time akan di atur durasi percikkan. Sedangkan energi yang dipercikkan biasanya di set lebih besar dari standar pabrikan (150-200volt) yaitu sekitar 270 sampai 350volt bahkan ada yang mengeset sampai 450volt. Fungsinya ya agar percikkan busi besar, sehingga mampu menyalakan campuran bbm-udara sampai habis bis bis bis....

Lalu mengapa saat ini, mekanik lebih memilih CDI programmable atau CDI adjustable????
Jawabannya ya karena CDi ini memungkinkan mekanik bisa membuat motor pacuannya semakin kencang..
Sebagaimana di atas saya jelaskan bahwa CDI programmable ini memungkinkan mekanik untuk memprogram atau mengeset kurva pengapian dari CDI untuk memaksimalkan time pengapian itu....

Kurva tuh apa an yah...?
Kurva pengapian adalah suatu garis berbentuk kurva yang dibentuk dari angka derajat penyalaan busi...
Kurva pengapian ini dibentuk dari garis axis "rpm" dan garis ordinat "derajat pengapian".
Lalu, sedahsyat apa sih. Dengan mengeset kurva pengapian, motor bisa menjadi kencang..
Walaupun CDI bukan inti utama motor menjadi kencang, masih ada sektor lain sih seperti kompresi, ruang bakar, cam, katub / klep, karbu dan kawan2....
Namun CDI ini adalah finishing part, yang memoles mesin motor menjadi lebih maksimal...

Kembali ke kurva pengapian... 
Menciptakan kurva pengapian yang tepat dapat membuat ledakan di ruang bakar lebih besar dan maksimal sehingga menghasilkan power mesin lebih besar.
Logikanya, dengan cara makan yang benar dan tepat, kita akan mendapat tenaga lebih besar... Gitu...
Itu sebabnya CDI programmable menjadi CDI favorit untuk motor harian ato pacuan road race, dragbike ataupun cross....

setting kurva ini akan lebih maksimal dibarengi dengan pengujian motor di atas Dynotest. Karena hasil perubahan yang kita buat dapat dilihat dari kurva Power dan Torsi hasil Dynotest. Sehingga perubahan terukur, bukan hasil feeling si joki...

Sudah banyak pilihan CDI programmable buatan lokal Indonesia seperti Rextor, BRT, Xp de el el...
Walaupun banyak juga CDI programmable buatan luar negeri yang bagus, namun karena faktor harga yg reasonable alias muahal buanged, kualitas yang dirasa seimbang dan support SDM yang mudah di ajak konsultasi, maka CDI programmable buatan anak bangsa ini menjadi pilihan Favorit...
so,ayo memprogram kurva!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar