Pekan Raya Jakarta 2010

Semua Ikut Demam Bola:D

Event empat tahunan sepak bola sejagad menyihir bukan saja para penyuka sepak bola. Tapi juga pabrikan motor dan industri pendukung lainnya. Mereka ramai-ramai memanfaatkan momen Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan untuk menjaring konsumen.

Jurus marketing ini terlihat jelas di ajang tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat. Masing-masing pabrikan motor melakukan trik ampuh untuk menggaet konsumen.

Di stan Yamaha misalnya, mereka mengadakan acara games shooting di pojokan booth. Pengunjung gratis mengikuti games ini. Ada tiga lubang yang diibaratkan gawang. Masing-masing lubang itu memiliki hadiah berupa kanebo, poster dan majalah. “Kami kasih tiga kali kesempatan shooting. Kalau masuk akan diberi hadiah sesuai lubang,” jelas Defin Eko, Supervisor DDS Yamaha.

Yamaha juga kerja sama dengan pabrikan helm Cargloss menjual helm Soccer Series 2010. Menurut Fitra, Marketing Cargloss ada 12 pilihan negara peserta piala dunia yang dijadikan motif helm. “Harga di luar Rp 180 ribu. Selama di PRJ korting jadi Rp 145 ribu. Kami juga bisa trade in dengan helm lain dengan banderol Rp 125 ribu...

Suzuki juga ikut bikin keramaian setiap malam. Mereka bikin acara nonton bareng menggunakan 6 televisi layar datar 32 inci. Penonton bisa jelas melototi aksi pemain idolanya.

“Nonton bareng ini kami gelar setiap hari sepanjang ada pertandingan. Termasuk untuk final yang juga menyediakan beragam hadiah,” ucap Joko Utomo, Manager Marketing Roda Dua PT Indomobil Sales International (ISI).

Paling banyak memanfaatkan momen Piala Dunia 2010 ini apalagi kalau bukan pabrikan helm. PT Tara Kusuma Indah (TKI) sendiri dalam rangka World Cup meluncurkan line-up football dan soccer. “Ada sembilan motif bendera negara peserta Piala Dunia. Seperti Spanyol, Belanda, Brasil, Italia, Argentina, Inggris dan juga negara tuan rumah Afrika Selatan,” tunjuk Joey Kenyatta, Kepala Bagian Humas dari TKI...


Menurut Joey, helm motif bendera ini dijual dengan harga bervariasi. Untuk MDS 1 vision dijual Rp 165 ribu. “Sedang untuk KYT Two Vision ditawarkan dengan banderol Rp 230 ribu. Juga tergantung tipe dan model,” yakin Joey.

Pabrikan helm Safety Motor Ind (SMI) juga ikut meluncurkan varian helm bernuansa Piala Dunia. Pelindung kepala yang disodorkan adalah model retro classic. Ini sekaligus mengantisipasi keluarnya skubek terbaru Honda yang menghadirkan nuansa retro modern, Scoopy.

Menurut Ade Virnandes, bos SMI varian helm bermerk JPN ini dijual di kisaran harga Rp 180 ribu. Itu harga khusus selama pameran berlangsung. Sedang di luar pameran helm tipe ini dilego Rp 200 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar