Disebut mesin 4Tak,karena untuk menghasilkan satu kali tenaga memerlukan 4 kali langkah bolak balik piston / 2 kali putaran kruk as dan satu kali putaran kem (noken as).
>> prinsip kerja mesin 4T:
1.langkah hisap
2.langkah kompresi
3.langkah usaha
4.langkah buang
>>komponen kepala cylinder:
1.busi
2.gir timing
3.kem (noken as)
4.rocker arm + pen
5.bos klep
6.sil klep
7.per klep
8.klep in & ex
9.sitting/valve seat
10.topi&kuku klep
11.tappet(stelan klep)
>>komponen blok cylinder:
1.piston
2.ring piston
3.pen piston
4.spy(pengunci piston)
5.liner(booring)
>>komponen blok magnet:
1.magnet
2.tonjolan magnet(timming mack)
3.spy magnet
4.pluru penyearah
5.spool:
*spool pengapian
*spool penerangan&pengisian
6.pulser
7.tensioner
8.rantai timing(kamprat)
>>komponen blok kopling:
1.kopling:
*kopling otomatis(ganda)
*kopling manual
2.pluru penyearah
3.lifter
4.stud kopling
5.house kopling
6.kampas kopling
7.karet peredam
8.gigi primer & sekunder
9.per kopling
10.as prosneling & tangkai prosneling
11.stopper
12.bingtang shift drum
13.pompa oli
14.per & kick starter
>>komponen crankcase:
1.kruk as
2.stang piston
3.transmisi:
*primer
*sekunder
4.snap ring
Tidak ada komentar:
Posting Komentar