Aplikasi 4 Part, Bikin Power BeAT Naik 3,37 DK

Soal performa, skutik-skutik Honda banyak di­acungi jempol, salah satunya BeAT 110. “Awal gas dipelintir, akselerasinya cepat. Lebih responsif dibanding matik lain. Ditambah lagi konsumsi BBM-nya irit,” aku Radiet warga trembulrejo, ngawen Blora, yang sudah 2 tahun menebus BeAT.

Meski demikian, banyak pem­besut BeAT yang masih ingin lebih dari sekadar power standar. Ujungnya, sederet part racing pendongkrak tenaga dan akselerasi ditebus guna mengatasi hal tersebut....

 

Nah, beberapa ramuan yang sering diaplikasi, tanpa harus rombak mesin antara lain; mengganti knalpot standar dengan jenis freeflow, menukar karbu orisinal dengan model skep langsung ditarik kabel gas, pemakaian CDI unlimiter dan mengaplikasi noken as racing. “Keempat peranti itu sudah bikin tambah ngacir. Apalagi kalau cuma untuk harian, sudah cukup,” 

Lalu, untuk membuktikannya,Afm kasih ramuan yang biasa diaplikasi pada ma­tik konsumennya. Kali ini di­terapkan pada Honda BeAT mi­lik Radiet yang kebetulan pe­ngin meningkatkan performa tung­gangannya...


Noken as Kawahara durasi 260o, cukuplah

Campuran bahan bakar dan udara tepat berkat karburator PE 24
Seperti biasa, di sektor penerus gas buang, yakni knalpot Kawahara K-1 yang dibanderol Rp 700 ribu. “Ini khusus untuk mesin standar, tapi kalau mesinnya sudah dibore-up pake Kawahara K-2,”


Knalpot Kawahara K1, khusus mesin standar
Lalu otak pengapian meng­aplikasi CDI BRT F-Tech yang di pasaran bisa ditebus Rp 670 ribu. “Buat motor harian, CDI ini sudah pas. Tapi kalau untuk turun di ajang balap, saya biasa pakai BRT I-Max Super Pro. Harganya juga lebih mahal,” 

Kemudian, agar suplai bensin di ruang bakar lebih optimal, aplikasi karburator Keihin Venturi 24 dengan paduan spuyer 38/108 seharga Rp 450 ribu. “Pakai karbu ini, filter udara tetap bisa dipasang. Jadi tak usah khawatir karburator cepat kotor,”


Terakhir, guna mengejar buka tutup klep lebih cepat, noken as stan­dar dipensiunkan dini yang ke­mudian diganti produk Kawahara, durasi 260º yang bisa diboyong dengan dana Rp 400 ribu...

Untuk mengukur peningkatan power dan torsinya,pake dynojet...
Hasilnya, monggo lihat tabel...

Tabel hasil dyno
Part Power Torsi
Standar 6,99 dk / 7.800 rpm 7,54 Nm / 6.200 rpm
Paket racing 10,36 dk / 9.400 rpm 8,45 Nm / 8.500 rpm
AFM Racing 082133140100  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar