Suzuki Skywave Harian Enteng 145 cc

Bagi mereka yang aktif dan hidupnya bisa dikatakan di atas roda, motor yang enteng alias enak diajak akselerasi pastilah sangat diperlukan....

banyak yang suka model Skywave tapi ternyata berat banget diajak ngebut.
Perlu rombakan biar lebih ngacir....
wehehehehe:D

Bodi bongsor Skywave pertama diakali dengan proses bore up. "Banyak tawaran,tapi karena buat pemakaian harian, otomatis yang bukan manual pilih yang aman aja...

Untuk pengguna skubek Suzuki, piston Thunder 125 menjadi pilihan yang paling pas....
Sebab untuk pemasangannya relatif gampang. Karena tidak dilakukan ubahan pada lubang pin piston alias masih standar. Yaitu sama-sama 14 mm antara Thunder 125 dan Skywave.

Penggunaan piston Thunder 125 oversize 100 punya diameter 58 mm. Stroke standar Skywave 55,2 mm. Maka kapasitas silinder yang digapai yaitu 145,8 cc.

Tenaga bawah motor langsung terasa beda. "Selain itu dengan ukuran seperti ini masih sangat aman buat pemakaian harian, gak rewel jon....

Tenaga besar yang dirasakan masih belum cukup,diakibatkan klep asli yang kecil,makanya pake yang lebih besar dibandingkan bawaannya. "Pake klep 26 : 23, jadi tenaganya pas. Buat ngebut di jalanan juga oke, tapi kalau buat balap liar ya... masi saja kurang,hehehe:D


Tentu saja di sistem kerja skubek, tidak cukup dengan hanya upgrade dapur pacu. Daleman CVT juga perlu dilakukan penggantian biar motor jadi lebih ngacir...

Nah, pada Skywave sudut derajat pullynya sedikit dibubut. "Tujuannya supaya reaksinya lebih cepat dan spontan sehingga akselerasi jadi lebih cepat juga, Perubahan ini membuat sudut pully menjadi 13,5 derajat, aslinya 14 derajat jon...

Selain itu untuk per CVT-nya juga dilakukan penggantian. "Dipilih yang lebih keras biar reaksinya cepat," kalo pengen murme,pake bawaan standar Honda Vario,mantep....:D

Ilmu roller enteng buat akselerasi dan berat untuk top-speed itu hanya jika kondisi mesin standar. Kalau sudah bore up begini maka lain lagi ceritanya...
Mengenai roller ini setelah diuji langsung memang lebih baik kembali ke ukuran aslinya. "Pakai yang 14 gram seperti standar....
Dipastikan bisa ngisi mulai dari bawah sampai atas...

silahkan up grade bagian rem...

Sistem rem perlu diganti jika motor sudah naik kapasitas seperti ini...
Jangan sampai kencang tapi malah jadi enggak bisa berhenti,wkakakakaka...khususnya untuk rem belakang nih jon....

"Cukup ganti dengan kampas rem kepunyaan Yamaha RX-King. Rem sekarang jadi lebih menggigit,"Untuk pemasangannya tidak ada masalah karena bisa langsung plek tanpa harus ada ubahan berarti lainnya....

7 komentar:

  1. kira kira biayanya semua berapaan bro??
    #tolong dibuat satu persatu ya bro

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Skywave saya klo saat start akselerasi lumayan... tp pada saat abis cornering di gas lg agak lambat untuk sampe putaran atas.

    Mohon sarannya
    #terimakasih

    BalasHapus
  4. Bang kalau pakai piston thunder os 175 yang diameter 58,5 bisa gak?

    BalasHapus
  5. Bang kalau pakai piston thunder os 175 yang diameter 58,5 bisa gak?

    BalasHapus
  6. Bang kalau pakai piston thunder os 175 yang diameter 58,5 bisa gak?

    BalasHapus