Mudik dengan Motor Matic?????

Mudik paling irit dan asik memang menggunakan sepeda motor, tapi kalau mudik pakai motor Matic ? kenapa tidak!?. Anggapan masyarakat awam, motor matic kurang cocok untuk dipakai jarak jauh, alias hanya untuk didalam kota saja. Ah siapa bilang ?!…

sudah banyak yang menggunakan motor matic untuk mengunjungi daerah-daerah yang masih sejuk, terlebih dataran tinggi dan pegunungan. Demikian pula dengan acara mudik, tiap bulan saya melakukan perjalakan lebih kurang 150 Kilometer untuk menemui orang tua saya, lebih hemat dan cepat. Menempuh 150 Kilometer memerlukan waktu 2,5 jam dan bensin sekitar 2-3 liter.
Hobi atau kesukaan memang sulit dimengerti, ada mobil kok lebih milih motor? begitu kata kebanyakan orang.

Bila mudik kali ini Anda telah memutuskan untuk menggunakan motor matic, ada baiknya Anda mengecek ulang keadaan motor matic Anda. Tentunya bila terjadi kendala diperjalanan, motor matic ini relatif masih sulit ditemukan bengkelnya kecuali di bengkel khusus seperti kita,hahaha (padune promosi)....

Bila Anda belum berpengalaman saya sarankan untuk membawanya ke bengkel untuk melakukan pengecekan, berikut adalah checklist yang mungkin dapat bermanfaat bagi Anda.

CVT
CVT adalah bagian yang paling penting mendapat perhatian, Cek Drive Belt apakah masih bagus atau tidak, kalau sudah mulai retak-retak, sebaiknya diganti, rata-rata belt akan mengalami keretakan pada 15000-20000 kilo, tergantung pemakaian. Kemudian cek roller, bila telah aus atau tidak bulat lagi, sebaiknya diganti. Kopling dan pegas kopling, cek apakah bantalan kampas masih tebal atau tidak, kalau sudah menipis sebaiknya diganti, kampas yang tipis dapat menyebabkan slip, akibatnya CVT akan lebih panas, dan tenaga akan berkurang terlebih bila melalui tanjakan.

Rem
Rem depan dan belakang harus dalam keadaan prima, jangan sekali-kali nekat berkendara dengan kondisi rem blong atau kurang baik, karena sangat-sangat berbahaya. Mesin matic memiliki engine break yang sangat kecil, jadi peranan rem (Depan dan belakang) sangat vital.

Saringan Udara dan Karburator
Bersihkan saringan udara, untuk karburator, cukup disemprot menggunakan Carburator Cleaner.

Klep
Atur ulang kerenggangan klep mengacu pada manual masing-masing motor matic. Jangan terlalu renggang dan jangan terlalu rapat.

Oli
Bila oli telah mendekati waktu penggantian, sebaiknya ganti segera oli. Pergunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi.

Pelumasan
Lumai bagian-bagian yang memerlukan pelumasan seperti pangkal tuas rem, standard, footstep, dll. Pergunakan pelumasan yang mengandung silicon seperti (WD 40, AP 75,ahrs multi care)

Aksesoris
Jangan anggap enteng aksesoris keselamatan seperti spion, Lampu Instrumen (lampu besar, sein, rem) harus berfungsi dengan baik....

Safety adalah yang utama, hormati sesama pengguna jalan, santai & jaga selalu kesehatan....

Kami segenap crew afm mulia jaya mengucapkan selamat HARI RAYA IDUL FITRI 1431H minal aidzin wal faizin mohon maaf lahir & batin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar